A. Siklus kehidupan produk
Dilihat dari siklus kehidupan produk maka sebuah produk akan mengalami
tahapan-tahapan yang niscaya akan dilalui kedalam lima tingkatan antara lain :
1.
Tahap pengenalan produk
(introduction)
2.
Tahap pengembangan (Growth
3.
Tahap kematangan (Maturity)
4.
Tahap menurun (Decline)
5. Tahap
ditingalkan (Abandonment)
Setiap produk biasanya mengalami kelahiran dan kematian baik
dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Suatu produk bisa saja pada suatu
waktu sangat disukai banyak orang dan laku keras, namun di lain waktu produk
itu tidak laku lagi dijual. Jadi pengertian daur hidup produk yaitu tahapan
suatu produk mulai dari lahir, tumbuh, dewasa dan mati. Setiap produk memiliki
masa daur hidup produk yang berbeda. Produk elektronik biasanya memiliki
rentang waktu yang sempit alias cepat mati sedangkan produk seperti makanan
dapat bertahan lebih lama. Contohnya handphone nokia tipe tertentu akan
dibatasi jumlah yang dibuat dalam beberapa tahun, lalu membuat tipe hp lainnya.
Minuman aqua sudah puluhan tahun memimpin pasar dan masih berada dalam kondisi
antara pertumbuhan dengan dewasa.
Langkah
/ Tahap Dalam Daur Hidup Produk (Product Life Cycle)
a.
Tahap
Perkenalan / Introduction
Pada tahap ini produk baru lahir dan
belum ada target konsumen yang tahu sehingga dibutuhkan pengenalan produk
dengan berbagai cara kepada target pasar dengan berbagai cara.
b.
Tahap
Pertumbuhan / Growth
Ketika berada pada tahap tumbuh,
konsumen mulai mengenal produk yang perusahaan buat dengan jumlah penjualan dan
laba yang meningkat pesat dibarengi dengan promosi yang kuat. Akan semakin
banyak penjual dan distributor yang turut terlibat untuk ikut mengambil
keuntungan dari besarnya animo permintaan pasar.
c.
Tahap
Kedewasaan / Maturity
Di tahap dewasa produk perusahaan
mengalami titik jenuh dengan ditandai dengan tidak bertambahnya konsumen yang
ada sehingga angka penjualan tetap di titik tertentu dan jumlah keuntungan yang
menurun serta penjualan cenderung akan turun jika tidak dibarengi dengan
melakukan strategi untuk menarik perhatian konsumen dan para pedagang. Karena
sudah banyak pesaing, para pedagang mulai meninggalkan persaingan dan yang baru
tidak akan banyak terlibat karena jumlah konsumen yang tetap dan cenderung
turun.
d.
Tahap
Penurunan / Decline
Pada kondisi decline produk
perusahaan mulai ditinggalkan konsumen untuk beralih ke produk lain sehingga
jumlah penjualan dan keuntungan yang diperoleh produsen dan pedagang akan
menurun drastis atau perlahan tapi pasti dan akhirnya mati.
Beberapa teknik atau cara untuk
memperpanjang daur hidup produk :
a) Meningkatkan Konsumsi dengan cara
membujuk konsumen untuk meningkatkan penggunaan produknya dengan berbagai
manfaat yang ditawarkan. Contoh : untuk hasil maksimal gunakan pasta gigi
sepanjang bulu sikat, apa pun makannya minumnya teh botol sosro, memakai sampo
setiap hari membuat rambut sehat, dsb.
b) Mencari fungsi lain produk dari
biasanya. Contoh seperti teh tidak hanya untuk ngeteh saja tapi dapat dibuat
kreasi menjadi minuman yang lebih kompleks.
c) Memodifikasi produk agar tampil baru
dan segar baik dari segi isi, kemasan, takaran, ukuran, manfaat, dan lain
sebagainya. Contoh misal seperti produk unilever yang biasanya terus menerus
mengganti isi pepsodent beserta kemasannya agar selalu tampil baru dan segar.
d) Mencari target konsumen baru, Jika
pasar yang sudah ada sudah tidak dapat diandalkan untuk meningkatkan penjualan
maka dapat ditempuh jalan dengan cara membidik segmen pasar baru untuk dibujuk
untuk menjadi pelanggan. Contoh : rokok sampoerna hijau yang tadinya membidik
golongan menengah ke bawah kini mulai membidik golongan menengah ke atas untuk
memperluas segmen pasar.
B.
Product Planning
Cannon & Wichert dalam bukunya Marketing Text and
Cases, Product palnnnig adalah semua kegiatan yang dilakukan oleh pabrikan atau
produsen dalam menentukan dan mengembangkan produknya, memperbaiki produk lama,
memperbanyak kegunaan produk yang sudah ada dan mengurangi biaya produksi dan
biaya pembungkus. Philip Kotler membagi menjadi delapan tahapan :
- Penciptaan ide
- Penyariangan ide
- Pengembangan dan pengujian konsep
- Pengembangan strategi pemasaran
- Analisa usaha
- Pengembangan produk
- Market testing
- Komersialisasi
C. Produk Baru
Ciri-ciri produk
baru adalah :
·
produk tersebut betul-betul hasil
inovasi baru.
·
pengganti produk lama, tetapi
berbeda dalam pemakaiannya
- produk imitasi
Lalu bagaimana menambah kegunaan produk? banyak variasi produk
yang dihasilkan perusahaan adalah :
- Menciptakan tambahan penggunaan dari produk yang
sudah ada.
- Produk yang biasa dijual untuk kaum wanita,
sekarang juga dipasarkan untuk kaum wanita.
- Digunakan dalam hubungan bersamaan dengan produk
lain.
- Biasa digunakan untuk industri baru, jika suatu
perusahaan berdiri, maka bisa pula berdiri perusahaan baru yang
mempergunakan hasil industri perusahaan lama.
Jadi usaha penciptaan produk baru seiring dengan strategi
perluasan pasar melalui :
- pencarian pemakai baru.
- menciptakan pemakaian baru
- memeprluas pemakaian, dengan cara memberikan
petunjuk kepada kosnusmen agar produk ini digunakan.
Judul : SEJARAH PERADABAN ISLAM
Penulis : Drs. Samsul Munir Amin, M.A.
Penerbit : AMZAH
Cetakan : Kedua
Tahun Terbit : Oktober 2010
Halaman : vii + 471
Islam
lahir di Arabiah pada abad ke 6 M, dibawah oleh Nabi Muhammad Saw. Islam lahir
dengan membawa peradaban manusia yang sangat tinggi, mengantarkan masyarakat
Arab yang Jahiliyah menjadi
masyarakat muslim yang memiliki landasan tauhid, yaitu kepercayaan terhadap
tuhan yang maha Esa.
Pada
masa puncaknya Islam telah mampu menguasai peradaban dunia dalam berbagai
bidang seperti filsafat, ilmu pengetahuan, teknologi, arsitek, sastra, dan seni
bangunan. Sebut saja perdaban Islam di Andalusia Spanyol, Usmani Turkie,
Baghdad, Mongol India, Afrika Utara, maupun di Asia tenggara. Demikian pula
peradaban Islam telah memunculkan tokoh-tokoh berkaliber dunia. Seperti
Al-Kindi, Al-Farabih, Al-Khawaridzmi, Ibnu Rusyd (Averros), dan Ibnu Sina
(Avicenna) yang berada di belahan dunia Barat, karya-karya mereka dijadikan
litelatur wajib bagi para pengkaji ilmu pengetahuan.
Buku
ini membahas SEJARAH PERADABAN ISLAM sejak awal munculnya Islam di Arab hingga
peradaban Islam Kontemporer saat ini diberbagai kawasan dunia Islam. Oleh
karena itu buku SEJARAH PERADABAN ISLAM ini sangat penting bagi para mahasiswa
UIN, IAIN, STAIN, PTAIS, maupun Perguruan Tinggi Umum lainnya. Dan siapapun
yang ingin mengetahui sejarah perdaban Islam Secara Komprehensif dan utuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar